Penyuluhan Pencegahan Penyakit Diare Melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Serta Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Pada Anak Sekolah Dasar Tahun 2024

Penulis

  • Budirman Jurusan Kesehatan Lingkungan, Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Sulasmi Jurusan Kesehatan Lingkungan, Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Miftahul Janna Jurusan Kesehatan Lingkungan, Poltekkes Kemenkes Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32382/mirk.v6i1.1700

Kata Kunci:

PHBS, CTPS, diare, anak usia sekolah, penyuluhan kesehatan

Abstrak

Latar Belakang: Diare masih menjadi salah satu penyakit infeksi utama pada anak usia sekolah di Indonesia, dengan transmisi utama melalui rute fekal-oral yang dipermudah oleh praktik higiene tangan yang buruk. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan intervensi sederhana namun terbukti efektif dalam mencegah diare, namun pemahaman dan penerapannya di sekolah dasar masih belum optimal. Metode: Kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan partisipatif melalui penyuluhan interaktif yang dikombinasikan dengan pre-test dan post-test pada 30 siswa kelas V di UPT SPF SD Negeri Melayu, Makassar. Materi disampaikan menggunakan media visual (video, poster, LCD), diikuti sesi demonstrasi dan tanya jawab. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan tingkat pemahaman sebelum dan sesudah intervensi.Hasil: Pemahaman siswa mengenai pencegahan diare, PHBS, dan CTPS meningkat signifikan dari rata-rata 71% menjadi 89%. Peningkatan tertinggi terjadi pada pemahaman PHBS dan CTPS, masing-masing dari 70% menjadi 90%. Kesimpulan: Penyuluhan berbasis partisipasi efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang PHBS dan CTPS. Namun, untuk mencapai perubahan perilaku berkelanjutan, diperlukan ketersediaan fasilitas sanitasi memadai, monitoring terjadwal oleh sekolah, keterlibatan orang tua, serta evaluasi jangka panjang pasca intervensi.

Referensi

Anggraini, D., & Kumala, O. (2022). Diare Pada Anak. Scientific Journal, 1(4), 311–319. https://doi.org/10.56260/sciena.v1i4.60

Biran, A., Schmidt, W.-P., Varadharajan, K. S., Rajaraman, D., Kumar, R., & Sreenivasan, D. (2014). Effect of a behaviour-change intervention on handwashing with soap in India (SuperAmma): A cluster-randomised trial. The Lancet Global Health, 2(3), e145–e154. DOI: 10.1016/S2214-109X(13)70160-8

Curtis V, Cairncross S. Effect of washing hands with soap on diarrhoea risk in the community: a systematic review. Lancet Infect Dis. 2003 May;3(5):275-81. doi: 10.1016/s1473-3099(03)00606-6. PMID: 12726975

Dalending, I. C., Engkeng, S., & Rahman, A. (2020). Hubungan pengetahuan dengan sikap cuci tangan pakai sabun pada peserta didik di SD Inpres Likupang Satu Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(6), 96–100.

Fitriatunnisa, & Masriadi, A. G. M. (2025). Kepatuhan cuci tangan dokter dan perawat dengan kejadian infeksi nosokomial di ICU RSUD Haji Makassar. Journal of Aafiyah Health Research, 6(1), 131–141. https://doi.org/10.52103/jahr.v6i1.1936

Freeman MC, Stocks ME, Cumming O, Jeandron A, Higgins JP, Wolf J, Prüss-Ustün A, Bonjour S, Hunter PR, Fewtrell L, Curtis V. Hygiene and health: systematic review of handwashing practices worldwide and update of health effects. Trop Med Int Health. 2014 Aug;19(8):906-16. doi: 10.1111/tmi.12339. Epub 2014 May 28. PMID: 24889816

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2011). Pedoman pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) (Permenkes No. 2269/MENKES/PER/XI/2011).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Laporan nasional Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2016. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Laila, D. N. ., Maulidiyah, M. ., Febiola, S. ., Elisa, C. ., & Purwant, R. . (2024). Penguatan Perilaku Hidup Sehat (Phbs) Sebagai Upaya Peningkatan Fungsi Keluarga Sehat Di Dusun Terpencil Rapah Ombo Jombang. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6456–6461. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.28684

Mukaromah, S., & Latip, A. (2024). Pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan VAP (Video Animasi dan Poster) terhadap perilaku kebersihan diri anak usia sekolah. Jurnal Keperawatan Wiyata, 4(1), 37–42. https://doi.org/10.35728/jkw.v4i1.1294

Murfidyanto, D., Febrianta, Y. (2024). Pengaruh pendidikan kesehatan cuci tangan 6 langkah dengan metode demonstrasi terhadap sikap hidup sehat siswa kelas 5 SD Negeri Mokaha 01. JSH: Journal of Sport and Health, 5(1), 25–34. DOI: https://doi.org/10.26486/jsh.v5i1.3592

Notoatmodjo, S. (2014). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku kesehatan. Rineka Cipta.

Proverwati, A., & Rahmawati, E. (2012). Perilaku hidup bersih dan sehat. Nuha Medika.

Susanti, R., Randani, F. ., & Pratiwi, L. A. . (2023). Penyuluhan kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui kegiatan mencuci tangan pakai sabun. JOURNAL of Public Health Concerns, 3(3), 129–135. https://doi.org/10.56922/phc.v3i3.314

resiyanthi, ni komang ayu, Ardiyanti, N. K. P. ., & Faidah, N. . (2021). Relationship of hand washing behavior with diarrhent events in school ages in sd negeri awan kintamani: Hubungan perilaku hand washing dengan kejadian diare pada anak usia sekolah di sd negeri awan kintamani. Bali Medika Jurnal, 8(3), 266–275. https://doi.org/10.36376/bmj.v8i3.170

Kuandyk U, Omarova A, Delellis N. Knowledge, attitudes, and practices of hygiene among children in schools of Central Kazakhstan: a cross-sectional study. Front Public Health. 2025 Jun 3;13:1595672. doi: 10.3389/fpubh.2025.1595672. PMID: 40529691; PMCID: PMC12170687.

Cahya Mulat, T. ., Yuriatson, Y., Asmi, A. S., & Rukina, R. (2023). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar. Abdimas Polsaka, 2(1), 43–47. https://doi.org/10.35816/abdimaspolsaka.v2i1.31

Satriawan, I. putu D. (2025). Hubungan perilaku cuci tangan dengan kejadian diare pada anak sekolah dasar di sd negeri 1 tegallinggah. INSAN USADA, 1(01), 1–8. https://doi.org/10.54107/nawacitausada.v1i01.323

World Health Organization. (2019). Core questions and indicators for monitoring WASH in schools in the Sustainable Development Goals.

World Health Organization. (2021a). Health promotion: The Ottawa Charter.

World Health Organization. (2021b). Core questions and indicators for monitoring WASH in schools in the Sustainable Development Goals.

Wijaya, I. K., & Prasetyo, A. (2023). Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Cuci Tangan pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 13(Nomor Khusus), 86-92. DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf13nk415

Yuliana, R., & Sari, M. K. (2022). Peran fasilitas sanitasi sekolah terhadap penerapan PHBS pada siswa SD. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(2), 112–120.

Zhou M, Zeng Y, Xi Y, et al, School-based Hygiene Intervention to Prevent HelicObacter Pylori infection among childrEn (SHIP HOPE): protocol for a cluster-randomised controlled trial, BMJ Open 2022;12:e064207. doi:10.1136/bmjopen-2022-064207

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-20

Cara Mengutip

Budirman, B., Sulasmi, S., & Janna, M. (2025). Penyuluhan Pencegahan Penyakit Diare Melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Serta Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Pada Anak Sekolah Dasar Tahun 2024. Media Implementasi Riset Kesehatan, 6(2), 120–125. https://doi.org/10.32382/mirk.v6i1.1700
Abstrak viewed: 51
PDF downloaded: 52